Kamis, 27 September 2018

Artikel tentang sempolan

DEFINISI SINGKAT SEMPOL 




Sejarah sempolan

Sempol adalah sejenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka.  Sempol sendiri adalah sebuah desa di wilayah kecamatan pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa timur.

Dahulu, warga desa Sempol, Kecamatan Pajak, Kabupaten Malang, pergi ke kota Malang untuk menjual cilok. Sampai pada akhirnya Cak Man berpikir ingin membuat jajanan yang unik, berbekal ide cilok yang dikepal seperti mendol lalu dicelup adonan telur lalu digoreng dan dicocol dengan sambal biasa.
Sampai akhirnya Cak Man membawa jajan dari ide tersebut ke kota Malang. Saat itu, memang belum ada jajanan serupa di kota Malang. Bahkan Cak Man cukup kesusahan bagaimana memasarkannya, jarang ada yang tertarik. Nama sempol pun juga sekadar keisengan.
Tak kehilangan akal, Cak Man memanfaatkan keramaian demam anak remaja pada Korea dengan mengubah Sempol menjadi ‘Pentol Korea’. Dengan nama tersebut, banyak yang kemudian membeli bahkan berlangganan. Namun karena nama ‘Sempol’ yang terlebih dahulu dipasarkan, masyarakat pun lebih mengenalnya dengan nama ‘Sempol’.
Saat ditanya pada awal tahun 2016 lalu, Cak Man menambahi dengan, “Akhirnya sempol merambah di mana-mana. Dengan berbagai merk. Lek aku meramalkan, bentar lagi wis ada Sempol sing duwe akun Instagram dengan layanan delivery (atau mungkin wis ada). Dengan puluhan macam varian dan puluhan macam saus serta topping.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar